hai para penggemar macromedia flash, kali ini saya akan mengajarkan cara membuat game sederhana dengan macromedia flash. Begini caranya :
1. Buatlah 2 buah garis di sisi kanan dan kiri kemudian convertlah menjadi movie clip dengan cara menekan tombol F8 kemudian kedua garis tersebut berikan script dengan membuka panel action atau dengan menekan F9 lalu ketikan :
onClipEvent (enterFrame) {
if (hitTest(_root.bola)) {
_root.bola.kecepatanx = -_root.bola.kecepatanx;
}
}
2. Buat sebuah bola menggunakan oval tools dan convertlah menjadi movie clip (F8) kemudian isi instsnce name nya dengan bola kemudian beri script :
onClipEvent (load) {
kecepatanx = 10;
kecepatany = 10;
}
onClipEvent (enterFrame) {
_x += kecepatanx;
_y += kecepatany;
}
3. Setelah itu buat 2 buah kotak dengan menggunakan rectangle tools kemudian convertlah menjadi movieclip simpan letaknya di bawah dan di atas,
kemudian untuk kotak yang berada di atas berikan script :
onClipEvent (enterFrame) {
if (hitTest(_root.bola)) {
_root.bola.kecepatany = -_root.bola.kecepatany;
}
}
onClipEvent (enterFrame) {
if (Key.isDown(Key.UP)) {
// bergerak ke kiri jika panah kiri ditekan
_x -= 10;
}
if (Key.isDown(Key.DOWN)) {
// bergerak ke kanan jika panah kiri ditekan
_x += 10;
}
}
Untuk kotak yang bawah ketikan script :
onClipEvent (enterFrame) {
if (hitTest(_root.bola)) {
_root.bola.kecepatany = -_root.bola.kecepatany;
}
}
onClipEvent (enterFrame) {
if (Key.isDown(Key.LEFT)) {
// bergerak ke kiri jika panah kiri ditekan
_x -= 10;
}
if (Key.isDown(Key.RIGHT)) {
// bergerak ke kanan jika panah kiri ditekan
_x += 10;
}
}
1. Buatlah 2 buah garis di sisi kanan dan kiri kemudian convertlah menjadi movie clip dengan cara menekan tombol F8 kemudian kedua garis tersebut berikan script dengan membuka panel action atau dengan menekan F9 lalu ketikan :
onClipEvent (enterFrame) {
if (hitTest(_root.bola)) {
_root.bola.kecepatanx = -_root.bola.kecepatanx;
}
}
2. Buat sebuah bola menggunakan oval tools dan convertlah menjadi movie clip (F8) kemudian isi instsnce name nya dengan bola kemudian beri script :
onClipEvent (load) {
kecepatanx = 10;
kecepatany = 10;
}
onClipEvent (enterFrame) {
_x += kecepatanx;
_y += kecepatany;
}
3. Setelah itu buat 2 buah kotak dengan menggunakan rectangle tools kemudian convertlah menjadi movieclip simpan letaknya di bawah dan di atas,
kemudian untuk kotak yang berada di atas berikan script :
onClipEvent (enterFrame) {
if (hitTest(_root.bola)) {
_root.bola.kecepatany = -_root.bola.kecepatany;
}
}
onClipEvent (enterFrame) {
if (Key.isDown(Key.UP)) {
// bergerak ke kiri jika panah kiri ditekan
_x -= 10;
}
if (Key.isDown(Key.DOWN)) {
// bergerak ke kanan jika panah kiri ditekan
_x += 10;
}
}
Untuk kotak yang bawah ketikan script :
onClipEvent (enterFrame) {
if (hitTest(_root.bola)) {
_root.bola.kecepatany = -_root.bola.kecepatany;
}
}
onClipEvent (enterFrame) {
if (Key.isDown(Key.LEFT)) {
// bergerak ke kiri jika panah kiri ditekan
_x -= 10;
}
if (Key.isDown(Key.RIGHT)) {
// bergerak ke kanan jika panah kiri ditekan
_x += 10;
}
}
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapussaya sudah coba kok, n bisa
Hapusmungkin anda belum memberi instance name untuk bola dengan "bola" tanpa tanda petik.
widihhh mantap bgt dachhh bisa di coba nichhh
BalasHapusthank's ya
gan kayaknya ada yang kurang soalnya ga jadi mulu
BalasHapusloh ko tetap diam ga bisa gerak,, soalnnya penjelasannya kurang,,,, maaf mohon lebih diperjelas,, thank's
BalasHapusbolanya gk bisa mantul gan
BalasHapuskok prgerakan bolanga gtu mlu..g bbas gto
BalasHapusMinta skrip buat munculin skornya bang
BalasHapus